Tiga Proyek Strategis Nasional Baru di Sulawesi Tenggara yang Dikeluarkan Pemerintah Pusat

KLIKSULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Pusat menyeberangi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian atau Kemenko Perekonomian menetapkan 10 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru.

Selain itu, tersua 4 kreasi yang disesuaikan nomenklaturnya bagian dalam kesibukan PSN.

Penambahan PSN baru ini ditetapkan bagian dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Perubahan tangkai Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Perubahan Daftar PSN.

Tiga diantara PSN baru ini bercokol di sektor Sulawesi Tenggara (Sultra), diantaranya:

1. Kawasan Industri Indonesia Pomalaa Industry Park di Provinsi Sulawesi Tenggara;

2. Kawasan Industri Motui di Provinsi Sulawesi Tenggara;

3. Kawasan Industri Kendari di Provinsi Sulawesi Tenggara;

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo mengatakan, pakai adanya pelonggokan ini, kurun ini perkiraan PSN sejumlah 210 Proyek dan 12 kegiatan pakai perkiraan kuantitas etos pendanaan Rp5.746,4 Triliun.

“Proyek PSN baru ini pembiayaannya sepenuhnya ditanggung swasta atau non-APBN dan serupa komposisi pertolongan isyarat Presiden kepada hilirisasi Industri,” cakap Wahyu belum tempo ini.

Sesuai isyarat Presiden, Wahyu menjelaskan, kegiatan/kreasi yang bisa dimasukkan bagian dalam kesibukan PSN adalah yang bisa dikerjakan paling berjalan lambat Semester I Tahun 2024 (bisa dipastikan masa penyelesaiannya).

Kemudian, pembelanjaan tidak memperuntukkan APBN turut bisa memacu perkembangan ekonomi.

“Tujuan pelonggokan kreasi PSN ini difokuskan kepada menyiangi pendanaan swasta dan memotivasi hilirisasi maskapai serupa penjelmaan isyarat Presiden,” jelasnya.(*)

Artikel ini sebelumnya sangka tayang di website kliknesia.id pakai judul ‘3 Proyek Strategis Nasional Baru di Sulawesi Tenggara’