Sultra  

425 Panwascam dan PKD di Konawe Diminta Jaga Soliditas

Ketua Bawaslu Konawe, Abuldan saat memberikan arahan dalam apel siaga Pengawasan kampanye Pemilihan umum (Pemilu) 2024 di pelataran Kantor Bupati Konawe, Selasa (05/12/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Konawe gelar apel siaga Pengawasan Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Selasa (05/12/2023).

Dalam apel siaga ini, sebanyak 425 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) serta Panitia Pengawas Kelurahan/desa (PKD) se Kabupaten Konawe hadir mengikuti apel siaga tersebut yang juga diikuti Forkopimda Konawe.

Ketua Bawaslu Konawe, Abuldan mengatakan, tahapan kampanye Pemilu 2024 dimulai dari tanggal 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

“Mungkin masyarakat umum menganggap bahwa ini sangat cepat. Namun di penyelenggara pemilu ini sangat lama karena banyaknya persoalan dalam Kampanye. Hari ini tahapan kampanye sudah berlangsung selama 8 hari. Namun berkat kerja keras tidak ada pelanggaran dalam kampanye,” katanya.

Ia melanjutkan, sekira 67 hari lagi tahapan kampanye masih akan dilakukan yang akan menguras tenaga.

Di mana, setelah pengawasan kampanye bakal dilakukan pengawasan distribusi logistik Pemilu.

Dalam kesempatan itu, Abuldan juga meminta kepada seluruh jajaran Panwascam dan PKD se Kabupaten Konawe untuk menjaga soliditas dan kekompakan serta memberikan ruang untuk peserta Pemilu melakukan kampanye sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, Ia juga berharap Panwascam dan PKD di Kabupaten Konawe untuk selalu patuh dan taat pada Bawaslu Konawe serta tidak dibenturkan dengan oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Teman-teman harus mampu mengambil langkah mitigasi sehingga mampu meminimalisir pelanggaran dalam tahapan kampanye Pemilu 2024. Silahkan kembali ke Kecamatan masing-masing lakukan himbauan pada unsur-unsur yang dilarang untuk terlibat kampanye,” ujarnya.

Abuldan juga menegaskan kehadiran tiga komisioner baru Bawaslu Kabupaten Konawe ini bakal menjaga semangat dalam mengawasi seluruh tahapan dalam Kampanye Pemilu 2024.

Untuk diketahui, pada apel siaga ini juga dilakukan deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama pengawasan tahapan Pemilu 2024 oleh Bawaslu Kabupaten Konawe bersama Forkopimda Konawe. (*)