Anggota DPRD Konawe Ini Beberkan Proses Pengusulan Calon Pj Bupati Konawe

Anggota DPRD Kabupaten Konawe, Hermansyah Pagala saat menemui massa aksi Konsorsium Aktivis dan Mahasiswa Konawe yang berunjuk rasa, Kamis (10/8/2023). (Foto: Kliksultra.id/Arman).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Anggota DPRD Kabupaten Konawe, Hermansyah Pagala beberkan proses pengusulan nama calon Penjabat atau Pj Bupati Konawe.

Hermansyah mengungkapkan hal itu saat menemui massa aksi Konsorsium Aktivis dan Mahasiswa Konawe yang berunjuk rasa menolak pengusulan HR sebagai calon Pj Bupati Konawe, Kamis (10/8/2023).

Ia mengatakan, proses pengusulan bermula dari partai lalu ke masing-masing fraksi di DPRD Konawe.

“Digodoklah fraksi sehingga muncul enam besar,” kata Hermansyah.

Anggota DPRD Kabupaten Konawe Fraksi Partai Gerindra, Hermansyah Pagala saat memberikan tanggapan dalam Rapat Paripurna Pengumuman Akhir Masa Jabatan Bupati Konawe Periode 2018-2023, Selasa (1/8/2023) kemarin. (Foto: Kliksultra.id/Arman).

Keenam nama yang sempat mencuat ke publik yaitu Muliadi, S ST, Ramadhan Tosepu, SKM M Kes PhD, Dr H Harmin Ramba, SE MM, Syahril Abdul Rauf, ST M Si, Dr Ferdinand Sapan SP M Si, dan La Ode Muhajirin, SIP M Si.

Menurut dia, seharusnya dalam pengusulan nama calon Pj Bupati Konawe ini memperhatikan rambu-rambu regulasi yang berlaku.

Salah satunya terkait usia pensiun yang akan dimasuki oleh nama-nama yang diusulkan tersebut.

“Sudah ada rambu-rambu, seharusnya saudara HR ini tidak diloloskan. Rambu-rambu Mendagri sendiri yang buat aturan bahwa minimal dua tahun belum pensiun sementara beliau tahun depan sudah pensiun,” tambahnya.

Anggota DPRD Konawe Fraksi Partai Gerindra, Hermansyah Pagala. (Foto: Kliksultra.id/Arman).

Meskipun demikian, lanjut dia, pengusulan HR merupakan kewenangan fraksi yang selanjutnya keenam nama tersebut kembali digodok ditingkat pimpinan dan Ketua Fraksi di DPRD Konawe yang menghasilkan tiga nama.

Tiga nama itu adalah Syahril Abdul Rauf, La Ode Muhajirin dan Harmin Ramba.

Hermansyah juga mengungkapkan, Fraksi Konawe Gemilang (PAN, Golkar, PKB dan PKS) mengusul nama Ferdinand Sapan.

Kemudian Fraksi Gerindra-Perindo mengusul Muliadi dan Ferdinand Sapan, Fraksi PDI Perjuangan mengusulkan La Ode Muhajirin dan Harmin Ramba.

Anggota DPRD Kabupaten Konawe, Hermansyah Pagala. (Foto: Kliksultra.id/Arman).

Fraksi Demokrat mengusulkan Muliadi dan Ramadhan Tosepu serta Fraksi PBB mengusulkan Syahril Abdul Rauf dan Harmin Ramba.

“Itulah tiga nama yang diserahkan (Ke Kemendagri). Memang selayaknya dan sebenarnya kalau kita mau profesional kita harus pakai acuannya dari Mendagri yang sudah mengeluarkan tata cara dan acuannya,” pungkasnya.

Jika dilihat dari usulan masing-masing fraksi, maka hanya usulan fraksi PDI Perjuangan dan PBB yang diakomodir dalam pengusulan final tiga nama calon Pj Bupati Konawe yang dibawa ke Kemendagri. (*)