Bangun Keakraban Dengan Warga Binaan, Petugas Rutan Unaaha Tari Lulo Bersama di Jumat Ceria

Redaksi
Ratusan warga binaan pemasyarakatan beserta segenap pegawai Rutan Unaaha melaksanaan jumat ceria dengan senam Zumba dan lulo bersama, Jumat (5/5/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Petugas Rumah Tahanan atau Rutan Kelas II B Unaaha tari lulo bersama ratusan ratusan warga binaan, Jumat (5/5/2023).

Tari lulo dan senam zumba bersama ini dalam rangka membangun keakraban dengan warga binaan di rutan ini.

Pelaksanaan senam dipimpin Kepala Rutan Unaaha, Herianto.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan senam bersama dan lulo pada hari Jumat merupakan salah satu bentuk inovasi yang terus dihadirkan Rutan Unaaha untuk warga binaan Rutan Unaaha.

“Selain untuk menghibur teman-teman kita yang didalam lulo bersama ini juga salah satu wadah untuk membangun keakraban dengan dengan seluruh petugas Rutan. Tidak ada jarak hanya bergoyang bersama-sama mengikuti irama sesuai ketukan lagu dan lulo ini juga salah satu tradisi kita di tanah Tolaki ini jadi memang kita harus lestarikan,” katanya.

Bekerja sama dengan MBS (My Body Studio) Unaaha, warga binaan terlihat sangat antusias untuk zumba dan lulo bersama.

Terlebih lagi jajaran pegawai Rutan Unaaha turut terlibat dalam tarian lulo atau yang lebih sering di dengan molulo.

Salah seorang warga binaan, Baharudin yang ikut dalam tarian Lulo tersebut mengakui, sulit membendung keinginannya ikut dalam tarian tersebut.

”Mungkin karena pilihan lagunya juga pas untuk dipake molulo apalagi kita sudah lama tidak molulo,” kata Bahar.

Diketahui, tarian lulo adalah salah satu tarian tradisional Suku Tolaki yang dilakukan beramai-ramai atau secara massal yang dapat dilakukan semua kalangan baik kaum pria dan wanita ataupun kaum muda dan tua yang sering dimainkan saat ada hajatan atau acara besar lainnya.

Molulo mencerminkan bahwa masyarakat Tolaki adalah masyarakat yang cinta damai dan mengutamakan persahabatan dan persatuan dalam menjalani kehidupannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *