Belajar Aspirasi Zaman Now, Sekretaris Dewan Kota Gorontalo Studi Komparasi di DPRD Konawe

Avatar photo
Wakil Ketua II DPRD Konawe, Rusdianto, didamping Sekretaris Dewan (Sekwan) Sumanti saat menerima kunjungan Sekwan Gorontalo dan rombongan di kantor DPRD Kabupaten. (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Gorontalo, HNR Monoarfa bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di Sekretariat DPRD Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (5/5/2023).

Kunjungan kerja itu diterima langsung oleh Wakil Ketua II DPRD Konawe, Rusdianto didamping Sekwan, Sumanti di Gedung H Ardin.

Pada kunjungan kerja ini, Sekwan Kota Gorontalo HNR Monoarfa didampingi oleh dua orang Kepala Bagian (Kabag), Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perlengkapan dan Tata Usaha.

Kemudian tiga orang fungsional dan satu orang Pelaksana.

Mereka adalah San Sukoyo Suhadi, Hj Masni Hamzah, Marlin Bobihilu, Rinaldy M Monoarfa, Ellen Janus, Desi Monoarfa dan Akhsan Djafar.

Kedatangan Sekwan Kota Gorontalo dan rombongan untuk melakukan Studi Komparasi terkait inovasi Aspirasi Zaman Now.

Aspirasi Zaman Now merupakan inovasi pelayanan publik Sekretariat DPRD melalui digitalisasi pelayanan elektronik dalam rangka menunjang Tupoksi dan Kinerja DPRD.

Diketahui, gagasan aspirasi publik berbasis online di Kantor DPRD Kabupaten Konawe disampaikan oleh Sumanti saat menjadi Peserta Pelatihan Kepemipinan Nasional (PKN) tingkat ll Angkatan VIII Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar.

Aspirasi Zaman Now kemudian dituangkan dalam Aplikasi Zaman Now. Aplikasi ini nantinya akan menampung aspirasi publik.

“Aplikasi ini memudahkan anggota DPRD untuk memantau apa yang menjadi aspirasi masyarakat dari dapil mereka,” kata Sumanti.

Menurut Sumanti, selama ini penanganan aspirasi dari masyarakat luas di kantor DPRD Konawe terbilang lambat karena masih manual.

Sehingga, lanjut dia, aplikasi Zaman Now ini diharapkan dapat mempercepat penanganan aspirasi publik.

“Aspirasi bisa melalui media sosial, yakni lewat WhatsApp Center dan Aspirasi Online Mepokoaso. Melalui dua layanan tersebut aspirasi masyarakat lebih cepat untuk ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Sumanti menjelaskan, sebelum melahirkan inovasi berbasis online tersebut, dirinya terlebih dahulu melakukan sosialisasi ke publik.

“Jadi ke depan, bagi masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasi tidak lagi melalui demonstrasi yang melibatkan massa, cukup lewat aplikasi saja dan itu pelayanan bisa lebih cepat,” tandasnya. (*)