Biaya Hidup Rumah Tangga di Konawe Sultra Tahun 2022 Capai Rp5.5 Juta Perbulan, Pendapatan Rp6.9 Juta

Redaksi
Hasil Survey Biaya Hidup Rumah Tangga di Kabupaten Konawe Tahun 2022. (Foto: Tangkapan Layar).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Badan Pusat Statistik atau BPS Kabupaten Konawe merilis Survei biaya hidup (SBH) 2022, Senin (18/12/2023).

Survey ini dilakukan di 11 Kecamatan yang berada di Kabupaten Konawe diantaranya Pondidaha, Amonggedo, Wonggeduku, Wonggeduku Barat, Wawotobi, Konawe, Anggaberi, Tongauna, Unaaha, Uepai dan Lambuya.

Di mana, dalam survey ini melibatkan cakupan sampel 160 blok sensus atau 1.600 rumah tangga.

Kepala BPS Kabupaten Konawe, Sultriawati Efendy mengatakan, Kabupaten Konawe termasuk dalam cakupan baru wilayah Kabupaten/Kota yang melakukan survey ini.

“Di Sultra ini sekarang dari dua yang hitung inflasi menjadi empat. Kota Baubau dan kota Kendari ditambah Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Konawe sebagai kabupaten yang baru dalam penghitungan inflasi 2024,” katanya.

“Tetapi kita melakukan dulu SBH 2022 sebagai dasar penentuan paket IHK nya, paket komoditinya, dan bibit nilai konsumsinya,” tambahnya.

Ia mengatakan, untuk SBH 2022 nilai konsumsi di Konawe mencapai Rp5.5 juta perbulan. Sedangkan untuk non konsumsi Rp2.7 juta.

Kemudian rata-rata pendapatan rumah tangga di Konawe capai Rp6.9 juta perbulan.

Untuk diketahui, dari nilai konsumsi hasil SBH 2022, Kabupaten Konawe menjadi Kabupaten/Kota dengan biaya hidup termurah di Sultra dari empat kabupaten/kota yang melakukan survey tersebut dan berada di urutan 105 biaya termurah ditingkat nasional. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *