Sultra  

Bupati Kery Saiful Konggoasa Bantu Siapkan Lahan Pembangunan Mako Brimob di Meluhu

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Waris Agono saat berbincang di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa, Selasa (7/2/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWEBupati Konawe Kery Saiful Konggoasa membantu menyiapkan lahan untuk pembangunan Markas Komando Brigade Mobil (Mako) atau Brimobi di Kabupaten Meluhu. Ini menyusul rencana Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara untuk membangun markas Komando Brimob di Konawe. Gubernur Kery menyampaikan sambutan hangat kepada Polda SPN Anggotoa Sulawesi Tenggara pada pembukaan Diklat Formasi Polri Tahun 2023. Turut hadir dalam acara tersebut Brigjen Waris Anggono, Wakapolda Sultra dan jajaran Polda lainnya. Bupati Kery mengungkapkan, pembangunan markas Komando Brimob awalnya direncanakan di kawasan Lambuya. Namun, lahan yang tersedia cukup kecil, hanya sekitar hektar. – Hasil koordinasi dengan polda maka rencana pembangunan dirubah dan dipindahkan ke Kabupaten Meluhu, kata Gubernur Kery. Orang nomor satu Konawe itu menjelaskan, kawasan pengembangan Mako Brimobi terletak di dekat perbatasan Meluhu dan Konawe Utara (Konut). Pihaknya juga menyiapkan lahan sekitar 11 hektare. Menurut mantan Ketua DPRD Konawe itu, pembangunan markas Brimob di Meluhu dinilai cukup strategis, terutama secara finansial. Kehadiran Mako meningkatkan pengamanan Situs Penting Nasional Konawe dan Konawe Utara (Konut). “Penerimaan negara dari penambangan mineral akan mencapai Rp 00 triliun pada 2022. Hingga 70 persen berasal dari Sulawesi. Tahun ini target negara Rp 1. 00 triliun. Kehadiran Mako di Konaw dan Konut mendukung hal tersebut,” pungkasnya. (*)

Artikel ini sebelumnya telah tayang di website kliknesia.id dengan judul ‘Bupati Kery Saiful Konggoasa Bantu Siapkan Lahan Pembangunan Mako Brimob di Meluhu’