DPRD Konawe Usulkan 6 Nama Calon Pj, Kemendagri Minta 3 Nama

Konferensi pers DPRD Konawe, Senin (7/8/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Konawe bakal usulkan enam nama calon Penjabat (Pj) Bupati Konawe.

Ketua DPRD Konawe, Dr Ardin menuturkan, pihaknya telah bersepakat akan mengakomodir semua nama yang diusulkan oleh fraksi yang ada.

“Melalui komunikasi politik yang dibangun oleh fraksi-fraksi tentunya dengan semua kekuatan-kekuatan politik dan disampaikan kepada pimpinan DPRD,” kata Ardin dalam konferensi persnya, Senin (7/8/2023).

Ardin menerangkan, ada enam nama secara keseluruhan yang akan diusulkan sebagai calon Pj Bupati Konawe.

Keenam nama calon Pj Bupati Konawe itu adalah Mulyadi, S ST, Ramadhan Tosepu, SKM M Kes PhD, Dr H Harmin Ramba, SE MM, Syahril Abdul Rauf, ST M Si, Dr Ferdinand Sapan SP M Si, dan La Ode Muhajirin, SIP M Si.

Ardin berharap, salah satu dari keenam nama itu dapat diakomodir menjadi Pj Bupati Konawe oleh Kemendagri.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Dr Ardin. (Foto: Dok. Kliksultra.id).

Sebelumnya diberitakan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Konawe, Dr Ardin diminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) usulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Bupati Konawe.

Permintaan usulan itu diteruskan melalui surat Nomor 100.2.1.3/3736/SJ yang ditandatangani Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro.

Di mana, dalam surat yang ditunjukan kepada Ketua DPRD dan DPRK itu pada poin 3, pengusulan dilakukan paling lambat 9 Agustus 2023.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Dr Ardin saat memimpin pembahasan Laporan Kinerja Pertanggungjawaban (LKPJ), Selasa (4/7/2023). (Foto: Kliksultra.id/Arman).

Ketua DPRD Konawe, Dr Ardin menerangkan, saat dirinya tengah mempelajari mekanisme dan sistem pengusulan calon Penjabat Bupati Konawe.

“Saya sudah diminta tentunya saya akan mengkaji bagaimana mekanismenya. Sesuai surat itu DPRD diminta melalui Ketua melalui tiga nama,” kata Ardin, Senin (31/7/2023).

Ia menambahkan, dalam surat itu tidak dijelaskan bagaimana mekanisme pengusulan calon Pj apakah diusulkan langsung Ketua DPRD atau melalui pandangan fraksi.

Untuk diketahui, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Penjabat Walikota Pasal 3 Pj Gubernur, Pj Bupati, dan Pj Wali Kota yang diangkat dengan memenuhi persyaratan:

a. mempunyai pengalaman dalam penyelenggaraan pemerintahan yang dibuktikan dengan riwayat jabatan;

b. pejabat ASN atau pejabat pada jabatan ASN tertentu yang menduduki JPT Madya di lingkungan Pemerintah Pusat atau di lingkungan Pemerintah Daerah bagi calon Pj Gubernur dan menduduki JPT Pratama di lingkungan Pemerintah Pusat atau di lingkungan Pemerintah Daerah bagi calon Pj Bupati dan Pj Wali Kota;

c. penilaian kinerja pegawai atau dengan nama lain selama 3 (tiga) tahun terakhir paling sedikit mempunyai nilai baik;

d. tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin berat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan

e. sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah.

Pada 9 Ayat (1) disebutkan Pengusulan Pj Bupati dan Pj Wali Kota dilakukan oleh:

a. Menteri;

b. gubernur; dan

c. DPRD melalui ketua DPRD kabupaten/kota.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Dr Ardin saat menemui sejumlah warga Kecamatan Routa yang melakukan unjuk rasa, Senin (22/5/2023). (Foto: Kliksultra.id).

Pasal 10 ayat (1) Usulan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1), dari jumlah 9 (sembilan) nama dilakukan pembahasan oleh Menteri menjadi 3 (tiga) nama calon Pj Bupati dan Pj Wali Kota dan dapat melibatkan kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian.

Ayat (2) Kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

a. Kementerian Sekretariat Negara;

b. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi;

c. Sekretariat Kabinet;

d. Badan Kepegawaian Negara;

e. Badan Intelijen Negara; dan

f. kementerian/lembaga lain sesuai kebutuhan. (*)