Dr Harmin Ramba Tandatangani NPHD Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Konawe, Total Anggaran Capai Rp11 Miliar

Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr Harmin Ramba dan Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr Ferdinand Sapan saat menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pengamanan Pilkada Kabupaten Konawe Tahun 2024, Kamis (9/11/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara siap menggelar pesta demokrasi lima tahunan yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati periode 2024-2029.

Kesiapan Pemda Konawe menggelar Pilkada serentak itu ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pengamanan Pilkada Kabupaten Konawe Tahun 2024, Kamis (9/11/2023).

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Konawe Dr Harmin Ramba bersama Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, Dandim 1417 Kendari Kolonel Czi Bintarto Joko Yulianto dan Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman yang diwakili oleh Kabag Ops Polresta Kendari melakukan penandatanganan bersama.

Berdasarkan NPHD yang telah ditandatangani bersama, Polres Konawe mendapatkan dana hibah pengamanan sebesar Rp7,8 miliar, Polresta Kendari Rp1,1 miliar dan Kodim 1417 Kendari sebesar Rp2,4 miliar.

Dr Harmin Ramba dalam sambutannya mengatakan, penandatangan NPHD ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2019 pasal 13 ayat 2 tentang pendanaan kegiatan Pilkada dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

“Ini adalah mandatori, perintah yang harus dilaksanakan dan anggarannya sudah tersedia di Kas Daerah,” kata Harmin Ramba.

Harmin Ramba berharap pelaksanaan pemilu dan Pilkada Konawe Tahun 2024 dapat berjalan dengan baik, aman, dan terkendali. (*)