Gandeng Dinkes Konawe, Rutan Unaaha Cegah Penyakit Menular Melalui Skrining Hepatitis C

Redaksi
Skrining Hepatitis C kepada para warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Unaaha, Selasa (27/6/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Rumah Tahanan atau Rutan Kelas II B Unaaha gandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe cegah penyakit menular melalui skrining Hepatitis C kepada ratusan warga binaan, Selasa (27/6/2023).

Kepala Rutan Kelas II B Unaaha, Herianto menerangkan, skrining ini merupakan upaya pihaknya untuk mendeteksi dini potensi gangguan kesehatan atau penyakit tertentu.

Seperti hepatitis sehingga dapat mencegah potensi penularan penyakit.

“Salah satu upaya preventif dalam mencegah penyakit menular. Skrining adalah salah satu upaya dalam mendeteksi sejak dini kemungkinan adanya penyakit,” kata Herianto.

Ia menyebut, kegiatan ini menjadi sebuah bentuk kepedulian dan fokus pihaknya pada pelayanan kesehatan bagi warga binaan.

Giat ini juga menjadi tolak ukur tim medis dalam mendata kesehatan warga binaan dan diberikan juga penyuluhan kesehatan untuk dapat dipahami.

Selain melakukan skrining, tim tenaga kesehatan (Nakes) dari Dinkes Konawe juga turut memberikan penyuluhan kesehatan.

Terkait penyakit Hepatitis C kepada warga binaan baik itu gejala, penyebab dan cara pengobatannya.

Hasil dari kegiatan mobile VCT dan Hepatitis C yang dilaksanakan adalah sebanyak 100 warga binaan non reaktif atau negatif. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *