Ini Anjuran Terbaru Kemenkes Terkait Kasus Covid 19 Meledak Lagi di Indonesia

Redaksi
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, JAKARTA – Indonesia kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19. Dalam dua pekan ke depan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta memprediksi bahwa puncak kenaikan kasus akan terjadi.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiolog dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan, terdapat tiga faktor dominan yang menyebabkan peningkatan tersebut, meskipun protokol kesehatan (prokes) dan mobilitas masyarakat relatif statis.

“Menurut saya ada 3 hal dominan. Pertama, pancaroba atau peralihan musim [menyebabkan] imunitas seseorang menurun, kelembaban udara tinggi membuat virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh,” katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat (15/12/2023).

Ia melanjutkan, faktor kedua adalah imunitas atau antibodi Covid-19 dalam tubuh yang mulai menurun enam bulan sesudah vaksinasi dilakukan.

Hal ini ditambah oleh faktor ketiga, yakni mutasi virus atau varian baru.

Dalam situasi seperti ini, penting bagi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Beberapa anjuran terbaru dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Vaksinasi Covid-19: Vaksinasi Covid-19 sangat penting untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus. Masyarakat diimbau untuk menerima vaksinasi Covid-19 sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pemerintah.

2. Penggunaan Masker: Penggunaan masker yang benar dan konsisten dapat membantu mencegah penyebaran virus. Pastikan masker yang digunakan sesuai dengan standar kesehatan dan digunakan dengan benar.

3. Jaga Jarak: Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter untuk mengurangi risiko penularan virus.

4. Cuci Tangan: Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik untuk membunuh virus yang mungkin menempel pada tangan.

Dalam situasi pandemi Covid-19, penting bagi masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti anjuran dari pemerintah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *