Jokowi Lantik Irjen Marthinus Hukom jadi Kepala BNN

KLIKSULTRA.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pada hari ini, Jumat (8/12/2023).

Pelantikan dilakukan di Istana Negara dan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, termasuk Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru saja dilantik.

Marthinus Hukom, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan tahun 1991, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus (Kadensus) 88 Antiteror (AT) Polri.

Dalam keterangannya seusai pelantikan, Marthinus Hukom menyampaikan apresiasi terhadap amanah yang diberikan oleh Presiden Jokowi.

Pelantikan Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memerangi peredaran narkoba di Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya kerja sama antar lembaga dalam upaya pemberantasan narkoba.

“Kita harus bekerja sama, tidak bisa sendiri-sendiri. BNN harus bekerja sama dengan kepolisian, TNI, Bea Cukai, dan lembaga lainnya,” ujar Presiden Jokowi.

Pelantikan Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN ini juga diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam upaya pemberantasan narkoba di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, peredaran narkoba di Indonesia semakin mengkhawatirkan dan memakan banyak korban.

Dalam upaya pemberantasan narkoba, Presiden Jokowi juga telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2023 tentang Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Narkotika.

Perpres ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga dalam upaya pemberantasan narkoba. (*)