Ketua DPRD Kabupaten Konawe Puji Kinerja Bawaslu Konawe Seusai Temukan ASN dan Kades Masuk Caleg Pemilu 2024

Redaksi
Ketua DPRD Konawe, Dr Ardin. (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Dr Ardin memberikan apresiasi dan penghargaan atas kinerja penyelenggara Pemilu Kabupaten Konawe terkhusus Bawaslu Kabupaten Konawe.

Pasalnya, Bawaslu Konawe telah melakukan pencermatan daftar calon sementara (DCS) yang dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Konawe belum lama ini.

Di mana, hasil pencermatan Bawaslu, ditemukan tiga Caleg yang diketahui merupakan ASN dan Kepala Desa aktif di Kabupaten Konawe.

Atas temuan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Konawe mendesak Bupati Konawe segera memberhentikan ke 3 Caleg tersebut dari jabatannya dengan dasar surat pengunduran diri dari yang bersangkutan dalam hal ini para caleg.

“Sekda selaku jendral ASN harus memberikan pertimbangan kepada Bupati untuk segera memberhentikan ASN yang masuk politik praktis,” tegas Ardin.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Dr Ardin saat menemui sejumlah warga Kecamatan Routa yang melakukan unjuk rasa, Senin (22/5/2023). (Foto: Kliksultra.id).

Soal kenapa kemudian ke 3 Caleg ini lolos dalam DCS, Ketua DPRD Kabupaten Konawe ini meyakini bahwa ke 3 nya telah melampirkan surat pernyataan pengunduran saat mendaftar di KPU sehingga ke 3 caleg ini berani maju dalam kontestasi politik.

“Di KPU pasti sudah ada surat pengunduran diri para kepala desa dan ASN sehingga mereka berani untuk masuk dalam daftar calon sementara, mereka tau apa yang mereka lakukan,” jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Dr Ardin saat memimpin pembahasan Laporan Kinerja Pertanggungjawaban (LKPJ), Selasa (4/7/2023). (Foto: Kliksultra.id/Arman).

Sekarang yang kita harapkan proses Pemilu ini berjalan sesuai dengan prinsip luber dan jurdil, ASN dan Kades yang terang-terangan maju Pileg harus segera mendapatkan restu dari Pimpinan daerah dalam hal ini Bupati, karena ini merupakan hak demokrasi setiap orang.

“Kalau sudah ada surat pengunduran dirinya segera di proses, kalau memang tidak bisa diproses segera beri teguran,” Pungkas Ketua DPRD Kabupaten Konawe 2 periode, Ardin. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *