Sultra  

Lantik 140 Anggota PPK, Ketua KPU Konawe Tegaskan Profesionalisme

CLICKSULTRA.ID, KONAWE – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten atau KPU Kabupaten Konawe pada Rabu (1/4/2023) melantik 140 anggota Komisi Pemilihan Daerah (CPC) di Hotel Arisand.
Ketua KPU Kabupaten Konawe Muhammad Aswar mengatakan, pihaknya mengusahakan rekruitmen ini berdasarkan aturan yang ada.
“PKPU nomor 3 tahun 2020, PKPU nomor 8 tahun 2022, petunjuk teknis (Juknis) 534,” kata Azwar.
Dia mengungkapkan, pihaknya juga menerima surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait fasilitasi pemkot terkait pembentukan lembaga sementara.
Salah satu poin dalam surat Mendagri itu, Gubernur, Kepala Negara/Walikota diminta untuk memberikan izin kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mendaftar di badan sementara. “Sudah jelas, jadi kami menunggu izin atasan langsung mereka untuk anggota PPK yang baru dilantik hari ini,” imbuhnya.
Aswar juga menegaskan, PPK yang dilantik harus bekerja secara profesional, jujur, jujur, adil dan tidak memihak dalam pemilu serta mandiri agar hasil pemilu dapat diakui oleh masyarakat.
“Kita semua yakin penyelenggaraan Pemilu 2024 bisa demokratis. Jika semua pejabat dan unit yang terlibat menjalankan tugas dan bekerja dengan baik. Dan yang utama kita tidak lupa mengkoordinir kelompok kepentingan yang ada,” ujarnya. (*)