Pemdes Sanggona Konawe Salurkan BLT Ke 35 Penerima Manfaat

Redaksi
Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Sanggona, Kecamatan Konawe, Senin (10/4/2023). (Foto: Kliksultra.id/Arman).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Pemerintah Desa atau Pemdes Sanggona, Kecamatan Konawe salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa kepada 35 penerima manfaat, Senin (10/4/2023).

Kepala Desa Sanggona, Herianto mengatakan, Tahun 2023 ini Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai dibatasi minimal 10 persen dan maksimal 25 persen.

Persentase bantuan langsung tunai itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2023.

“Kebijakan ini bukan dari pemerintah desa melainkan dari pemerintah pusat,” kata Herianto saat menyampaikan kepada para penerima.

Ia menjelaskan, total anggaran yang disalurkan sebesar Rp31.5 juta dalam penyaluran BLT ini.

Ditempat yang sama, Tenaga Ahli Pendamping Desa, Irvan Umar menuturkan, tujuan BLT ini untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrim dan membantu masyarakat yang terkena dampak Covid 19.

“Jadi ini bentuk perhatian pemerintah pusat untuk meringankan beban masyarakat,” tuturnya.

Irvan berharap, bantuan ini dapat dipergunakan masyarakat dengan sebaik-baiknya jelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sementara itu, Camat Konawe, Muh Agusalim mendorong agar para penerima manfaat tetap produktif dalam kehidupan sehari-hari meskipun menerima bantuan.

Ia juga mengungkapkan BLT dari dana desa ini bertujuan untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Covid 19.

Untuk diketahui, besaran uang tunai yang diterima para penerima yakni Rp300 perbulannya.

Kemudian diakumulasi untuk tiga bulan yaitu Januari-Maret 2023 sehingga total besaran bantuan yang diterima sebesar Rp900 ribu.

Turut hadir dalam penyaluran ini Kapolsek Wawotobi, IPTU Hamsar serta para pendamping desa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *