Pemkab Konawe Pasok 211 Ton Beras Premium Ke Muna Barat, Siap Pasok Ke Wilayah Lain

Redaksi
Pengiriman 30 ton beras premium yang dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr Ferdinand, Sabtu (8/4/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Konawe pasok sebanyak 211 ton beras premium untuk Kabupaten Muna Barat (Munbar).

Pengiriman pasokan beras premium ini mulai dilakukan sebanyak 81 ton secara berangsur bersama Bulog Konawe, Sabtu (8/4/2023).

Pengiriman Beras ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Konawe dengan Pemkab Muna Barat beberapa waktu lalu.

Kerjasama keduanya dilakukan bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Muna Barat.

Selain itu juga bertujuan untuk menekan inflasi dan menstabilkan harga kebutuhan pokok di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr Ferdinand Sapan melepas tiga truk pengangkut beras yang masing-masing truk berisi 10 ton beras di halaman pedestrian Kantor Bupati Konawe.

Dalam kegiatan itu, turut hadir sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Konawe.

Ferdinand menuturkan, pengiriman ini akan melalui perhubungan laut (ASDP) di Pelabuhan Torobulu serta pengiriman bakal diangsur di hari berikutnya.

“Sebenarnya hari ini kita bisa penuhi semua dengan mengirimkan 81 ton sekaligus. Tetapi, kemampuan kapal feri yang tidak bisa mendominasi muatan ini dikarenakan ada penumpang lain atau angkutan lain yang bisa jadi merupakan kebutuhan pokok juga,” tutur Ferdinand.

Untuk pasokan beras di Konawe, Ferdinand mengungkapkan, sekira 6000 hektar sawah akan panen di April ini.

Sehingga, Ia menambahkan, persediaan beras di Kabupaten Konawe aman hingga Mei mendatang.

“Potensi yang ada di Konawe ini cukup besar. Sehingga, kalau ada teman-teman dari kabupaten lain selain Muna Barat yang membutuhkan beras dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari di wilayah mereka, Pemerintah Daerah Konawe bersama Bulog Konawe tentunya dengan petani kami di Konawe bersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *