Pendaftar Panitia Pemungut Suara di Kabupaten Konawe Capai 2.609 Orang

Komisioner KPU Konawe, Andang Masnur. (Istimewa).

KlikSULTRA.ID, KONAWE – Jumlah orang yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum atau PPS Kabupaten Konawe mencapai 2.609 orang.
Hal itu diungkapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Andang Masnur, Selasa (24/12/2022).
Andang mengatakan sejak pendaftaran dibuka pada 18 Desember, jumlah pendaftar PPS di 348 kelurahan Kabupaten Konawe mencapai 2.609 peserta.
Dari jumlah tersebut, pendaftar belum sepenuhnya menyelesaikan pengunduhan berkas melalui aplikasi SIAKBA.
“Hingga pukul 19.00, KPU telah menerima dan mulai melakukan verifikasi berkas yang diajukan pemohon melalui aplikasi SIAKBA,” kata Andang. Selain itu, Andang mengatakan, berdasarkan hasil keseluruhan pengurus SIAKBA KPU Konawe, juga terpantau beberapa desa yang pembacaannya masih di bawah dua kali syarat pendaftar 6 orang.
Beberapa desa masih nol atau nol pendaftar PPS.
KPU Konawe kemudian meminta bantuan Komisi Pemilihan Daerah (DEC) pilihannya untuk mendampingi calon dan mengidentifikasi kendala di daerahnya.
Khusus untuk daerah Trayek, KPU mengirimkan tim ke Konawe untuk mengumpulkan bola bagi operator yang terdaftar di daerah tersebut dengan cara non-independen atau konvensional.
“Oleh karena itu KPU Konawe akan memperlakukan Kabupaten Ruta secara khusus dengan memberikan akses berkas pendaftaran cukup lama dengan bantuan PPK terpilih,” ujarnya. “Mereka kemudian diambil dan didaftarkan oleh operator SIAKBA kami melalui jalur non-mandiri. Hal ini dilakukan mengingat akses dan jaringan Trass belum optimal,” imbuhnya.
KPU Konawe juga menghubungi masyarakat yang berhak mendaftar melalui aplikasi SIAKBA hingga 30 Desember saat pendaftaran berakhir.
“Jadi di tengah rekrutmen ini terjadi perubahan jadwal sesuai surat keputusan KPU No. 534. Sebelumnya pendaftaran PPS berakhir tanggal 27, namun kemudian dilanjutkan hingga 30 Desember 2022,” jelasnya. *)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di kliknesia.id dengan judul “Jumlah pendaftar PPS Ansor di Konaw mencapai 2609, batas akhir pendaftaran 30 Desember”