Sultra  

Pengeluaran Masyarakat Konawe Tahun 2022 Lebih Banyak Beli Rokok Ketimbang Ikan

CLICKSULTRA.ID, KONAWE – Rata-rata pengeluaran penduduk Kabupaten Konawe untuk rokok lebih besar dari ikan pada tahun 2022.
Menurut data yang dihimpun Kliknesia.id dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2022, 8,68 persen konsumsi dan pengeluaran warga Konawe akan dihabiskan untuk membeli rokok.
Konsumsi dan pengeluaran ikan sebesar 7,91 persen.
Di mana 40 persen penduduk terbawah membelanjakan lebih banyak untuk rokok (8,68 persen) daripada ikan (7,91 persen).
Statistik Kesejahteraan Manusia Kabupaten Konawe Tahun 2022
Sementara itu, rata-rata pengeluaran per kapita per bulan menurut kelompok komoditas dan kelompok biaya (dalam rupiah) akan mencapai Rp 1,1 juta pada tahun 2022.
Konsumsi dan pengeluaran terdiri dari beberapa bahan makanan seperti padi-padian, umbi-umbian, ikan/udang/cumi/kerang, daging, telur dan susu, sayuran. Kacang-kacangan, buah-buahan, minyak dan kelapa, bahan minuman, rempah-rempah, konsumsi lainnya, makanan dan minuman jadi, rokok dan tembakau Rp 555 ribu.
Sedangkan untuk kelompok bukan makanan, meliputi barang rumah tangga dan rumah tangga, aneka barang dan jasa, sandang, alas kaki dan tutup kepala, barang tahan lama.
Pajak, biaya dan asuransi untuk pesta dan upacara/pesta adalah Rp 549.000. (*)

Artikel ini sebelumnya telah tayang di website kliknesia.id dengan judul ‘Pengeluaran Masyarakat Konawe Tahun 2022 Lebih Banyak Beli Rokok Ketimbang Ikan’