Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemda Konawe Gelar Upacara

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di pelataran Kantor Bupati Konawe, Kamis (1/6/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harla) Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Dipimpin langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Konawe dan Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr Ferdinand Sapan bertindak sebagai inspektur upacara.

Kegiatan ini berlangsung di lapangan upacara kantor Bupati Konawe, Kamis (1/6/2023).

Sekda Konawe selaku inspektur upacara membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo yang menjelaskan makna dan sejarah dari peringatan hari lahir Pancasila.

“Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,” ujar Ferdinand membacakan.

“Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya.

Secara Nasional, peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2023 kali ini mengusung tema “Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”.

Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa, terang Presiden Republik Indonesia dalam amanatnya yang dibacakan langsung oleh Sekda Kabupaten Konawe Dr Ferdinand Sapan.

“Marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global dan berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya,” lanjut Sekda Konawe dalam membacakan amanat Presiden RI.

Pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini dihadiri oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Kabupaten Konawe, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta Sekolah Menengah Atas (SMA) lingkup Kabupaten Konawe.

Meski peringatan hari lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur Nasional, upacara tetap terlaksana tepat waktu dan berlangsung dengan lancar. (**)