Sultra  

Pilkada 2024, Bawaslu Konawe Ajukan Anggaran Rp32.1 Miliar

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe, Sabda saat mengikuti rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Pembiayaan Platform Anggaran Sementara (KUA-PPAS) di DPRD Konawe, Selasa (18/7/2023). (Foto: Kliksultra.id/Arman).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Konawe ajukan anggaran sebesar Rp32.1 miliar untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Konawe Tahun 2024.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Konawe, Sabda saat mengikuti rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Pembiayaan Platform Anggaran Sementara (KUA-PPAS) di DPRD Konawe, Selasa (18/7/2023).

“Ini yang menjadi rancangan awal kita sehingga di item-item itu kita sudah rincikan semua dan ini sesuai dengan petunjuk teknis juga,” kata Sabda.

Ia mengungkapkan, tim penyusun anggaran ini juga telah melakukan konsultasi dengan Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sabda menjelaskan, pada Pilkada Tahun 2018 lalu, beban anggaran saat itu hanya Rp11 miliar.

Kemudian pada Pilkada 2024 yang akan berlangsung 27 November ini sebanyak Rp32.1 miliar diusulkan terdiri atas honor penyelenggara tingkat kecamatan dan desa/kelurahan serta tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebesar Rp11.2 miliar.

Kemudian kebutuhan pengadaan barang dan jasa sekira Rp20 miliar lebih.

Sabda juga menyebutkan, tahapan Pilkada 2024 juga akan berlangsung mulai November 2023.

“Keyakinan kami Konawe siap melaksanakan Pilkada Tahun 2024 walaupun beban anggaran Pilkada di Konawe cukup besar tapi kami yakin siap dilaksanakan,” pungkasnya. (*)