PLN Nusantara Power UPDK Kendari Beri Bantuan Kepada Kelompok Tani Asnuri Flowers

Penyerahan bantuan PLN Nusantara Power UPDK Kendari kepada Kelompok Tani Asnuri Flowers di Desa Puosu Jaya, Kecamatan Konda, Konawe Selatan (Konsel), Rabu (14/6/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONSEL – Perusahaan Listrik Negara atau PLN Nusantara Power UPDK Kendari beri bantuan kepada Kelompok Tani Asnuri Flowers di Desa Puosu Jaya, Kecamatan Konda, Konawe Selatan (Konsel), Rabu (14/6/2023).

Manajer PLN Nusantara Power UPDK Kendari, Muhammad Rusli Sain mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap kelompok tani dan pemberdayaan kaum perempuan.

“PLN Nusantara Power UPDK Kendari memberikan bantuan berupa pembangunan green house kepada kelompok tani Asnuri Flowers,” kata Rusli.

Ia menambahkan, Asnuri Flowers merupakan kelompok tani yang bergerak untuk mengembangkan budidaya tanaman hias jenis aglonema.

Kelompok tani ini semua anggotanya adalah kaum perempuan atau ibu rumah tangga yang ingin memberdayakan diri untuk membudidayakan tanaman hias sebagai hobi sekaligus bisa menjadi sumber penghasilan.

Rusli menyebut, bantuan Green House yang dibangun oleh PLN Nusantara Power ini nantinya diharapkan dapat menjadi tempat belajar bagi para pemula dan sekaligus tempat pembudidayaan berbagai jenis tanaman hias.

Di mana bibitnya akan disebarkan kepada para anggotanya.

“Dengan adanya pengembangan tanaman hias ini maka diharapkan jenis bunga yang langka atau jenis bunga yang adanya hanya di daerah lain bisa di kembangkan oleh kelompok tani Asnuri Flowers, sehingga masyarakat pecinta bunga Sulawesi Tenggara tidak sulit untuk mendapatkan bunga yang diinginkan,” lanjutnya.

Rusli mengungkapkan, dari sisi lingkungan ini juga diharapkan menjadi salah satu upaya untuk menjaga keanekaragaman hayati di Sulawesi Tenggara.

“Kelompok Tani yang di ketuai oleh ibu Nurjayanti ini diharapkan kedepannya dapat berkembang dengan tetap memberdayakan kaum perempuan dan disabilitas sesuai cita-citanya,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua Kelompok Tani Asruri Flower, Nurjayanti mengungkapkan, saat ini kelompok Tani Asruri Flower telah memiliki tujuh anggota dan ini diharapkan menjadi cikal bakal pengembangan kelompok kedepannya.

Untuk bibit tanaman hias yang dikembangkan oleh kelompok Tani Asnuri Flowers selain varian yang sudah ada saat ini juga bibit didatangkan dari Bogor dan Lampung.

“Sehingga dengan adanya Green House ini maka diharapkan jumlah varian bunga aglonema yang ada di Sulawesi Tenggara bisa bertambah banyak,” harapnya.

Nurjayanti juga menjelaskan, Asnuri Flowers yang memberdayakan perempuan, selain membudidayakan bunga tanaman hias juga bisa memasarkan berbagai jenis varian baru.

Menurutnya, kesempatan untuk membentuk kelompok pasar bunga kedepannya sangat terbuka baik offline maupun online.

“Kelompok Tani Asnuri Flowers selain budi daya tanaman hias juga memproduksi media tanam untuk pot bunga sehingga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan bagi anggota kelompoknya,” tandasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *