KLIKSULTRA.ID, JAKARTA – JNE sebagai Perusahaan pengiriman Indonesia berkomitmen untuk terus menjadi bagian dalam pengembangan UMKM terlebih dengan percepatan teknologi digital, yang saat ini menuntut para UMKM atau entrepreneur untuk dapat memanfaatkan berbagai fitur dan system yang mempermudah pengembangan usahanya dan mendorong pertumbuhan ekonomi Nasional.
JNE memiliki kapabilitas pengiriman yang telah hadir hampir 34 tahun untuk memberikan solusi untuk para pengusaha, UMKM, atau penjual online dalam mengembangkan website berjualan dengan menghadirkan Plug In JNE Shipping bersama Shopify dengan memberikan beragam layanan untuk pengelolaan pesanan di webstore dengan mudah, efektif dan efisien.
Plug in JNE Shipping yang terintegrasi dengan Shopify yakni Platform Software as a Service (SAAS) yang menawarkan pengguna tidak direpotkan untuk menyediakan server, mengatur bandwich – hosting, dan memastikan performa website lancar dengan traffic yang maksimal.
Seluruh fitur layanan dan benefit ini dijelaskan dalam acara webinar “Launching JNE Plug in JNE Shipping” yang mengangkat tema “Satu Plug in untuk Solusi Pengiriman Lengkap membangun Bisnis Berkelanjutan”, yang menghadirkan berbagai narasumber yaitu Hirman R Rivano (Founder 3Second Group), Armand Prasetya (Head of IT Boleh Dicoba Digital), Mayland H Prasetyo (Partnership Div. Head JNE), dan moderator M Iqbal (Co-Founder Orderfaz) pada Rabu, 21 Juli 2024 secara online.
M Feriadi selaku Presiden Direktur JNE dalam sambutannya menyampaikan, “JNE berkolaborasi dengan berbagai pihak khususnya dalam pengembangan inovasi digital yang menjadi langkah strategis yang menegaskan komitmen JNE untuk terus menghadirkan solusi – solusi digital yang inovatif dan bermanfaat untuk masyarakat”.
Lebih lanjut Feriadi juga mengatakan “Kami percaya bahwa teknologi harus mempercepat, bukan menghambat, hal itu yang melatarbelakangi JNE terus mengembangkan solusi yang memungkinkan bisnis para UMKM untuk berkembang lebih cepat dan lebih efisien”.
Mayland H Prasetyo selaku Partnersip Div Head JNE dalam pemaparannya menyampaikan, “Plug In JNE Shipping hadir untuk menjawab seluruh kebutuhan pelangan setia JNE yang fokus dalam pengembangan website, applikasi atau ekstensi yang dirancang untuk menambah fungsi toko online secara langsung dengan hanya menginstal applikasi di https://apps.shopify.com/jne-shipping tanpa perlu mendevelop atau menggunakan webstore builder dalam penggunaan platform shopify. Dengan kata lain JNE Plug in ini menawarkan layanan one stop solution dengan banyak keuntungan yaitu plug in secara gratis tanpa biaya bulanan maupun biaya per transaksi, tersedia dedicated customer service, tersedianya fasilitas pembayaran tempo atau termin pilihan, dan integrasi semua kebutuhan pengiriman dalam satu plugin untuk layananan kiriman express, Cargo, hingga International Shipping.
Dalam kegiatan ini Hirman R Rivano selaku Founder 3Second Group menginspirasi para pelaku usaha yang hadir dengan sharing bagaimana membangun brand 3Second serta pentingnya membangun website ecommerce dalam brandnya dan JNE sebagai mitra kiriman. Armand Prasetya selaku Head of IT Boleh Dicoba Digital yang merupakan certified partner shopify di Indonesia menyampaikan langkah–langkah pengembangan website yang terintegrasi dengan shopify yang dipandu oleh M. Iqbal selaku Co-Founder Orderfaz sebagai expertis pengembangan system digital di Indonesia.
Kegiatan berlangsung semakin meriah dengan berbagai promo dan hadiah yang diberikan kepada seluruh peserta yang hadir, yaitu 10 bonus poin JLC, voucher ongkir sebesar 2 juta rupiah bagi 10 pelanggan yang terpilih dan menginstal Plug in JNE Shipping, voucher ongkos kirim Roket (Kiriman Instan JNE), doorprize voucher belanja jutaan rupiah, serta voucher belanja kiriman sebesar 100.000,- untuk 5 peserta beruntung.
Informasi lebih lanjut silahkan hubungi :
Kurnia Nugraha
Head of Media Communication Department
Email: [email protected]
Rayhan Fadian
Publication & Media
Email : [email protected]
Sekilas Tentang JNE
JNE berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Pada akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres.
Mulai tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Di tahun 2014, JNE melakukan optimalisasi Mobile Applications untuk meningkatkan service berupa trace tracking kiriman, kemudahan transaksi digital, Free Pick up dan COD.
Di tahun 2017 JNE membangun E-Fulfillment di beberapa cabang yaitu Warehouse Management System yang terintegrasi terkait warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM di seluruh Indonesia.
Di tahun 2020 menyikapi perkembangan e-commerce, UKM dan perubahan daya beli masyarakat yang berubah sangat cepat serta dinamis maka dibangun Mega Hub JNE di area Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Dibangun diatas tanah seluas 4 hektar, Mega Hub (Automatic Sorting Center and Gateway System) ini akan memiliki kapabilitas menangani ratusan ribu paket per hari.
Saat ini JNE memperluas jaringan hingga lebih dari 8000 titik layanan di seluruh Indonesia untuk mendorong kemajuan UKM dan meningkatkan perekonomian nasional. (*)