Program Padat Karya Tunai Desa Uelawu Konawe, Tingkatkan Jalan Usaha Tani Sepanjang 422 Meter

Kepala Desa Uelawu, Nurdin saat memantau kegiatan peningkatan jalan usaha tani (JUT), Kamis (6/4/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Pemerintah Desa atau Pemdes Uelawu, Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe melaksanakan program padat karya tunai desa (PKTD), Kamis (6/4/2023).

Padat Karya Tunai Desa merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya warga yang masuk dalam DTKS (PKH, Bansos maupun BLT).

PKTD juga bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan.

Program PKTD Desa Uelawu itu diwujudkan Pemdes Uelawu melalui kegiatan peningkatan jalan usaha tani (JUT) sepanjang 422 meter dan lebar 6 meter.

“Alhamdulillah masyarakat antusias dengan kegiatan ini untuk memperlancar hasil pertanian,” kata Kades Uelawu, Nurdin.

Ia menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada pemerintah daerah.

Nurdin juga berharap, JUT ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya dalam mobilisasi hasil pertanian warga Desa Uelawu.

Untuk diketahui, peningkatan JUT di Desa Uelawu ini juga melibatkan pekerja yang merupakan warga desa sebanyak 60 orang dan menelan anggaran sebesar Rp76.898.000.

Selain itu, Pemdes Uelawu juga telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 43 penerima. (*)