Ratusan Hektare Sawah dan Puluhan Rumah di Kolaka Timur Sultra Terendam Banjir

Banjir menerjang di Kelurahan Horodopi, Kecamatan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Kamis (13/7/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KOLTIM – Banjir menerjang Kelurahan Horodopi, Kecamatan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Kamis (13/7/2023).

Penyebab banjir ini diduga akibat meluapnya sungai serta intensitas hujan deras sejak beberapa hari belakangan.

Akibatnya, puluhan rumah dan ratusan hektare sawah serta akses jalan tergenang air.

Kapolsek Mowewe, AKP Ridwan menerangkan, banjir ini juga diakibatkan karena posisi Kelurahan Horodopi yang rendah di banding desa/kelurahan lainnya.

Selain itu, lanjut Kapolsek, juga ada pendangkalan aliran sungai dan aliran sungai di kilometer 25 Kelurahan Horodopi agak tersendat karena bongkahan batu besar ditengah sungai yang menghalangi kelancaran aliran air.

“Sehingga apabila hujan intensitas tinggi berpotensi banjir,” kata AKP Ridwan.

Ia menambahkan, ratusan hektare sawah yang belum panen dan terendam banjir berpotensi mengakibatkan gagal panen jika banjir ini berkelanjutan.

Kemudian jalan poros sepanjang 50 meter juga ikut tergenang.

“Ada juga pohon yang tumbang di tengah jalan poros sehingga kurang lebih 30 menit kendaraan tidak bisa melintas, untuk ketinggian banjir mencapai setengah meter,” tambahnya.

AKP Ridwan menjelaskan, kondisi saat ini air belum surut sepenuhnya sehingga pihaknya belum bisa memastikan kondisi tanaman padi seperti bagaimana.

Kapolsek Mowewe ini mengimbau warga dengan situasi cuaca beberapa hari terakhir ini dengan hujan intensitas tinggi.

Agar tetap berhati-hati dan siap siaga untuk sama-sama memantau perkembangan situasi agar bisa meminimalisir potensi kerugian baik korban manusia maupun materil.

“Akibat kejadian ini terkait kerugian yang ditimbulkan saat ini masih di lapangan untuk memantau dan berkoordinasi dengan Lurah Horodopi dan Kades Watupute,” pungkasnya. (*)