Rincian Formasi Seleksi CPNS Kota Baubau Tahun 2024, Syarat dan Cara Daftar

Avatar photo
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, BAUBAU – Berikut rincian formasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS Kota Baubau Tahun 2024.

Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau membuka seleksi penerimaan CPNS tahun ini melalui pengumuman Nomor 800.1.2/5579/SETDA tentang seleksi pengadaan calon aparatur sipil negara untuk jabatan tenaga kesehatan dan teknis lingkup pemerintah Kota Baubau.

Jumlah kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara yang dialokasikan untuk Pemerintah Kota Baubau Tahun Anggaran 2024 sebanyak 53 formasi, dengan rincian Tenaga Kesehatan 36 formasi, dan Tenaga Teknis 17 formasi.

Semuanya merupakan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dengan rincian formasi jabatan, kualifikasi pendidikan dan unit kerja penempatan sebagaimana terlampir.

Persyaratan Umum

a) warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia dan Taat kepada Pancasila serta Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

b) usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat mendaftar, kecuali dokter dan dokter gigi dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis serta dokter pendidik klinis usia pelamar paling tinggi 40 (empat puluh) tahun;

c) tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;

d) tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

e) tidak berkedudukan sebagai Calon PNS, PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;

f) tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

g) memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

h) memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan;

i) sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;

j) bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tidak akan mengajukan permohonan pindah tugas ke instansi lain dengan alasan apapun paling singkat 10 (sepuluh) tahun sejak diangkat sebagai PNS;

k) tidak memiliki catatan atau keterlibatan dalam kegiatan kriminal apapun yang dinyatakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia;

1) tidak terlibat dalam organisasi terlarang dan/atau organisasi kemasyarakatan yang telah dicabut status badan hukumnya; mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, precursor,

m) tidak dan zat adiktif lainnya;

n) tidak pernah melakukan dan/atau terlibat tindakan pelanggaran seleksi dalam 3 (tiga) periode seleksi Calon Aparatur Sipil Negara sebelumnya; sebagai peserta lulus seleksi Calon Aparatur Sipil

o) tidak berstatus Negara yang sedang dalam proses pengusulan NIP/NI PPPK;

p) persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

TATA CARA PENDAFTARAN

1) Seluruh pelamar melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id;

2) Pelamar harus membaca dan mengikuti ketentuan pendaftaran online dengan baik dan teliti serta menyiapkan terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mulai mengisi formulir pendaftaran online:

3) Dalam melakukan pendaftaran, pelamar terlebih dahulu harus membuat akun pada laman https://sscasn.bkn.go.id. sesuai tata cara yang tertera pada laman dimaksud;

4) Pelamar mengisi biodata dan kolom lainnya secara cermat dengan membaca petunjuk yang ada. kesalahan dalam pengisian biodata dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus Seleksi Administrasi;

5) Setelah mencetak kartu informasi akun sistem seleksi calon ASN 2024, pelamar melakukan login ke laman https://sscasn.bkn.go.id. dengan NIK dan password yang telah didaftarkan;

6) Pelamar melengkapi biodata, memilih jenis seleksi, memilih instansi, dan jabatan yang akan dilamar. pastikan bahwa instansi yang dipilih adalah Pemerintah Daerah sesuai formasi yang dituju, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) formasi jabatan;

7) Dalam hal pelamar diketahui melamar lebih dari 1 (satu) instansi daerah dan/atau 1 (satu) jenis Jabatan dan/atau jenis jalur kebutuhan CPNS atau menggunakan 2 (dua) nomor identitas kependudukan yang berbeda, yang bersangkutan dinyatakan gugur;

8) Pelamar wajib mengunggah hasil scan berwarna dokumen asli persyaratan meliputi:

a. Surat pernyataan 5 (lima) poin diketik komputer menggunakan kertas HVS ukuran folio dalam 1 (satu) halaman yang telah ditandatangani serta dibubuhi E-Materai sesuai contoh format sebagaimana tercantum. pada Lampiran Pengumuman, dalam format PDF maksimal 1.000 kb;

b. Surat lamaran diketik komputer menggunakan kertas HVS ukuran folio dalam 1 (satu) halaman yang telah ditandatangani serta dibubuhi E- Materai sesuai contoh format sebagaimana tercantum pada Lampiran Pengumuman, dalam format PDF maksimal 1.000 kb;

c. KTP elektronik (e-KTP) atau surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam format JPG maksimal 500 kb;

d. Sertifikat atau Tangkapan Layar (Screenshot) pada PDDIKTI / BAN-PT dari Akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi pada saat kelulusan pelamar yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah, dalam format PDF maksimal 1.000 kb;

e. Ijazah pendidikan terakhir sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan dan formasi jabatan yang dilamar (bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib melampirkan ijazah yang telah disetarakan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan) dalam format PDF maksimal 1.000. kb;

f. Transkrip Nilai pendidikan terakhir sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan dan formasi jabatan yang dilamar (bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib melampirkan konversi nilai IPK dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan) dalam format PDF maksimal 1.000 kb;

g. Pasfoto terbaru berpakaian formal latar belakang warna merah dengan pose setengah badan (bukan swafoto) jelas dan tidak miring dalam format JPG maksimal 500 kb;

h. Surat Tanda Registrasi (STR) bagi formasi Tenaga Kesehatan yang mempersyaratkan STR, yang masih berlaku pada saat pelamaran, yang dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada Surat Tanda Registrasi, dalam format PDF maksimal 1.000 kb;

i. Khusus untuk pelamar penyandang disabilitas wajib mengunggah dokumen asli sebagai tambahan persyaratan antara lain:

1) Surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya, dalam format PDF maksimal 1.000 kb;

2) Link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar. pastikan bahwa tautan/link video tersebut dapat diakses oleh panitia.

Selengkapnya download pengumuman CPNS Kota Baubau Tahun 2024 dibawah ini:

Pengumuman Seleksi Pengadaan CASN Kota Baubau Tahun 2024