Satlantas Polres Konawe Sosialisasi Perubahan Ujian Praktek SIM C

Kepala Satuan Lalulintas Polres Konawe, AKP Ridwan saat melakukan sosialisasi perubahan materi ujian praktek SIM C kepada warga, sekolah pengemudi dan stakeholder, Senin (7/8/2023). (Foto: Kliksultra.id/Arman).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Satuan Lalulintas atau Satlantas Polres Konawe mulai sosialisasikan perubahan materi ujian praktek untuk memperoleh surat izin mengemudi (SIM) C, Senin (7/8/2023).

Sosialisasi itu dilakukan kepada warga, pengelola sekolah mengemudi serta stakeholder di arena ujian praktek Satlantas Polres Konawe.

Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Ridwan menerangkan, perubahan materi ini tertuang dalam peraturan dari Kepala Korlantas Polri.

Di mana, ada empat item perubahan materi ujian praktek khusus SIM C.

Diantaranya, keseimbangan, leter U, leter S dan rem menghindar.

“Ini kami lagi sosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan perubahan ini,” kata Ridwan.

Ia menambahkan, perubahan aturan ini juga mulai berlaku saat ini.

Selain itu, terdapat beberapa perbedaan dengan aturan sebelumnya.

Mulai dari lebar lintasan yang ukurannya menjadi 2 kali lebar kendaraan, dari yang sebelumnya hanya 1,5 kali lebar kendaraan.

Kemudian ujian sebelumnya menerapkan pola zig-zag dan angka 8 diganti dengan pola S.

“Ini juga diadopsi beberapa negara seperti Jepang, Singapore intinya memperbaiki keselamatan di lapangan,” ujar mantan Kasat Narkoba Polresta Kendari ini.

Ia menjelaskan, perubahan aturan ini juga bertujuan bagaimana masyarakat dapat mengendalikan kendaraannya di jalan raya. (*)