Sultra  

Sejumlah Kepala TKN, SDN dan SMPN di Konawe Dilantik Malam Hari, Daftar Nama Terkesan Disembunyikan

Rotasi dan demosi jabatan fungsional sejumlah Kepala Satuan Pendidikan tingkat TKN, SDN dan SMPN Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe di Aula BKPSDM Konawe, Jumat (22/9/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe gelar promosi rotasi dan demosi jabatan fungsional Kepala Satuan Pendidikan tingkat TKN, SDN dan SMPN lingkup Dinas Dikbud Konawe di Aula BKPSDM Konawe, Jumat (22/9/2023) malam.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Dikbud Konawe, Suriyadi, Kepala BKPSDM Konawe, Suparjo dan Kepala Inspektorat Konawe, Rebiansyah.

Serta ratusan Kepala Satuan Pendidikan yang di rotasi dan demosi jabatan fungsional.

Tampak proses pelantikan berlangsung dengan hikmat. Namun ada yang janggal dari pelantikan ini.

Pasalnya, diduga salah satu oknum di BKPSDM Konawe dengan sengaja menyembunyikan daftar nama-nama Kepala Satuan Pendidikan yang dilantik kepada wartawan yang meliput kegiatan tanpa alasan yang jelas.

Sebelumya, salah seorang wartawan yang enggan disebutkan namanya meminta daftar nama Kepala Satuan Pendidikan yang dilantik kepada salah seorang protokoler Pemkab Konawe yang hadir memandu kegiatan tersebut.

Protokoler kemudian menyampaikan jik daftar nama itu setelah dibaca diambil oleh salah satu oknum di BKPSDM.

Oknum BKPSDM itu kemudian yang dimaksud coba di konfirmasi di ruangannya.

Namun, Ia mengatakan bahwa daftar nama itu sudah diserahkan kepada salah satu pegawai Dikbud Konawe.

Lalu wartawan ini mencoba meminta ulang kepada seorang pegawai Dikbud Konawe.

Jawaban yang serupa kembali diterima jika daftar nama-nama tersebut masih disimpan oleh seorang pegawai di BKPSDM.

“Saya pusing ada apa sebenarnya, kenapa baku (Saling) tunjuk siapa yang simpan, padahal hanya mau di foto untuk kepentingan pemberitaan. Tapi tidak ada yang mau mengaku siapa yang simpan sehingga menimbulkan kesan yang kurang baik. Bahkan saya sampaikan tunjuk siapa itu orang Dikbud yang kita kasih tapi tetap berkilah tanpa alasan yang jelas,” ujar salah satu wartawan yang enggan disebutkan namanya.

Saat ditemui, Kepala BKPSDM Konawe, Suparjo mengatakan, pihaknya tidak mengetahui persis siapa yang menyimpan daftar nama Kepala Satuan Pendidikan yang baru dilantik.

“Ada tadi itu daftar nda tahu siapa yang ambil, tunggu saja dinda nanti sebentar dia kasih kita,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Dikbud Konawe, Dr Suriyadi menjelaskan, daftar nama tersebut masih disimpan oleh salah satu pegawai di BKPSDM Konawe.

Namun karena ada perubahan nama yang ganda sehingga masih dalam perbaikan.

“Tunggu mi sebentar mereka kirimkan, mereka rubah dulu itu nama yang dobol (Ganda),” jelasnya.

Selang beberapa jam usai pelantikan berlangsung, daftar nama sejumlah Kepala Satuan Pendidikan dikirim oleh salah satu Kepala Bidang di BKPSDM Konawe kepada seorang wartawan yang meliput kegiatan tersebut. (*)