Tingkatkan Layanan Kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan, Rutan Unaaha Perpanjang MoU dengan Puskesmas Tongauna

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Rutan Kelas IIB Unaaha dengan Puskesmas Tonggauna, Kabupaten Konawe Kamis (13/6/2024). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Unaaha teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Puskesmas Tonggauna, Kabupaten Konawe, Kamis (13/6/2024).

MoU itu dalam rangka memudahkan dan meningkatkan layanan kesehatan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

MoU dengan Puskesmas Tongauna merupakan kelanjutan kerjasama kedua instansi sebelumnya.

Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbandono mengatakan, jumlah penghuni yang semakin meningkat mengharuskan untuk memberikan pelayanan yang lebih ekstra dalam semua hal termasuk pelayanan Kesehatan.

“Makin hari jumlah WBP makin banyak, jadi resiko gangguan kesehatan di lingkungan  rutan makin besar jadi langkah preventif dan penindakan juga harus ditingkatkan salah satunya MoU dengan Puskesmas Tongauna,” ujarnya Hery melalui keterangan tertulisnya.

Selain pemeriksaan kesehatan rutin, ada sejumlah poin kerjasama yang di perbarui dalam MoU kali ini.

Diantaranya penyuluhan dan screening HIV/AIDS serta penyuluhan peningkatan perilaku hidup sehat bagi tahanan, narapidana dan anak binaan di Rutan Unaaha.

Kepala Puskemas Tongauna, Santi SKM M Kes menyambut baik MoU tersebut dan menyatakan kesiapannya untuk memberikan pelayanan medis terbaik bagi  WBP di  Rutan Unaaha.

“Kami harus memastikan semua yang ada di area kerja kami mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai,” singkatnya. (*)