Warga dan Pemerintah Pastikan Aktivitas PT SUBB dan PT BRP di Amonggedo Konawe Aman

Perwakilan PT SUBB dan PT BRP serta tim teknis Blasting berkunjung ke Desa Wawohine, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, (13/5/2023). (Foto: Istimewa).

KLIKSULTRA.ID, KONAWE – Warga dan Pemerintah Desa Wawohine, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe memastikan aktivitas PT Sumbuh Bumi Berkah (SUBB) dan PT Basuki Rahmanta Putra (BRP) aman.

Hal ini diungkap warga dan masyarakat sekitar saat kunjungan perwakilan PT SUBB dan PT BRP serta tim teknis blasting ke Desa Wawohine, (13/5/2023).

Kunjungan tersebut untuk memastikan tekait adanya tudingan dari warga luar terkait blasting yang dilakukan perusahaan sehingga tembok rumah warga retak.

Pada pertemuan tersebut, Kades Wawohine Maryanto menyampaikan, sejauh ini belum ada laporan warga terkait tembok rumah yang retak akibat kegiatan blasting pihak perusahaan yang mengolah batu di wilayahnya.

“Selama PT USBB dan PT BRP beraktifitas mengolah batu aman-aman saja, sebelum perusahaan beraktifitas tembok rumah warga sudah retak mungkin akibat dasar pondasi yang kurang kokoh dan bukan karena akibat blasting perusahaan,” kata Maryanto.

Ditempat yang sama, perwakilan PT USBB dan PT BRP, Cecep Sudarajat menjelaskan, tim teknis blasting pihaknya sudah mengkroscek rumah warga yang temboknya retak, tidak diakibatkan dari blasting perusahaan.

“Tembok rumah warga yang retak itu, sudah lama sebelum perusahaan melakukan aktivitas,” jelasnya.

Ia menambahkan, blasting yang dilakukan PT USBB sudah sesuai standar yakni 300 meter dari lokasi pemukiman warga.

Sedangkan lokasi blasting dengan jarang rumah warga di Desa Wawohine berjarak 1 Km, sehingga tidak ada dampak dari kegiatan blasting perusahaan.

“Kaget iya memang benar saat blasting, namun kami sudah menyampaikan bahwa sehari sebelum blasting akan kami infokan kepada warga setempat, agar tidak kaget.” pungkasnya. (*)